Welcome

Assalamu'alaikum, selamat datang di Blog saya, semoga artikelnya jadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk penulis, aamiin. Terimakasih atas kunjungannya

Efek Samping Obat

Efek samping obat (ESO) adalah efek merugikan yang timbul dari pemakaian obat pada dosis yang diperbolehkan atau lazim dipergunakan (dosis diantara dosis minimum efektif dan dosis maksimum efektif), efek samping obat ini juga sering disebut dengan istilah Adverse Drug Reactions (ADRs) atau side effects.
Jenis (tipe) efek samping obat ini ada 3, telah dibahas pada artikel sebelumnya, yaitu Efek samping tipe A dan efek samping tipe B dan tipe C. efek samping tipe A dipengaruhi seberapa banyak takaran dosis dan biasanya efek ini bisa diprediksi sejak awal contohnya mual, muntah, pusing dan sebagainya, sedangkan tipe B adalah efek samping yang tidak bisa diprediksi dan tidak tergantung dosis, contohnya hipersensitifitas, alergi, syok anafilaktik, dll. sedangkan tipe C efek sampingnya sulit dideteksi dan tidak diketahui penyebabnya, biasanya terjadi pada pemakaian obat jangka panjang.

Faktor Pendorong Terjadinya Efek Samping Obat
1. Terapi obat berganda (multiple drugs therapy)
Efek samping yang potensial terjadi akibat pasien menerima obata lebih dari 1 terkait penyakitnya, sehingga resiko terjadinya interaksi antar obat yang menyebabkan efek merugikan sangat tinggi, contohnya dalam resep ditemukan captopril dan Aspar-K, captopril meningkatkan kadar kalium dalam darah sehingga apabila   diminum bersamaan dengan suplemen aspar-K yang mengandung kalium akan menyebabkan hiperkalemia, dada pasien akan berdetak seperti genderan mau perang, hhee
2. Usia
Profil farmakokinetik dan farmakodinamik pasien pediatrik dan geriatrik berbeda dengan pasien dewasa, hal ini terkait fungsi dan perkembangan organ (fisiologi), pada pasien pediatrik (anak-anak dan balita) sistem organnya belum sempurna sehingga berpotensi terkena efek samping obat, sedangkan pada geriatrik (lansia), fungsi organnya telah menurun juga rentan mengalami efek samping obat, solusinya penyesuainya dosis dengan melakukan drug terapi TDM (Therapy Drug Monitoring ; dengan memantau kadar obat dalam darah)
3. Jenis Kelamin
Jenis kelamin menyebabkan perbedaan hormon dan jumlah komponen dalam tubuh seperti jumlah lemak, otot dsb, berdasarkan beberapa buku menyatakan wanita rentan terhadap efek samping obat, ketimbang pria, memang tidak selalu begitu, karna faktor terkait efek samping obat ini sangat banyak sehinggi tidak bisa digeneralisasi.
4. Penyakit
Penyakit dapat menyebabkan perubahan pada sistim Absorpsi-Distribusi-Metabolisme-Ekskresi, sehingga penurunan pada tiap sistim akan meningkatkan resiko terjadinya efek samping.
5. Perbedaan Etnik
Perbedaan etnik terkait dengan genetik juga, manusia beragam dan mempunyai perbedaan dalam bentuk dan fisiologi tubuh, sehingga faktor etnik ini juga berpengaruh, etnik tertentu sensitif terhadap obat tertentu namun etnik yang lain tidak sensitif, hal ini dapat terjadi.
6.Faktor Farmasi
Faktor formulasi, jenis sediaan akan mempengaruhi kerja obat & ketersediaan hayatinya, sehingga dalam hal ini faktor farmasi juga berpengaruh terhadap potensi timbulnya efek samping obat.

4 comments:

FARMASI said...

thanks gan infonya..!! kunjungin
good artikel
from :
putra indonesia malang
www.putraindonesiamalang.or.id
http://www.putraindonesiamalang.or.id/khasiat-jahe.html
http://www.putraindonesiamalang.or.id/pembuatan-obat-jerawat-untuk-remaja.html
http://www.putraindonesiamalang.or.id/organic-soap-rambah-pasar-jatim.html

http://www.putraindonesiamalang.or.id/akafarma.html
http://www.putraindonesiamalang.or.id/akfar.html
http://www.putraindonesiamalang.or.id/smk-kimia-industri.htm

Apoteker Fauzi Sutan Nan Elok said...

saya sudah mngunjungi situs anda bro bgus. smga akademinya berjaya, aamiin :D

Tara said...

Daripada pakai obat yang punya efek samping mending suplemen aja.Coba baca dulu perbedaan suplemen dengan obat

Ranyrxny said...

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rini anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih