Welcome

Assalamu'alaikum, selamat datang di Blog saya, semoga artikelnya jadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk penulis, aamiin. Terimakasih atas kunjungannya

Natrium Benzoat

Gambar I Struktur Natrium benzoat
Ilmu Farmasi : Natrium benzoat (C7H5NaO2) mengandung tidak kurang dari 99% dan tidak lebih dari 100,5% C7H5NaO2, dihitung terhadap zat anhidrat. Berbentuk granul atau serbuk hablur, putih, tidak berbau, atau praktis tidak berbau, stabil di udara. Kelarutannya mudah larut di air, agak sukar larut dalam etanol dan lebih mudah larut dalam etanol 90%. Simpan dalam wadah tertutup baik (DepKes RI, 1995:584).
Natrium benzoat atau kalium benzoat lebih banyak digunakan karena lebih mudah larut. Benzoat sering digunakan untuk mengawetkan berbagai pangan dan minuman seperti sari buah minuman ringan, saus tomat, saus sambal, selai, jeli, manisan, kecap dan lain-lain. Untuk pembuatan saos konsentrasi yang digunakan yaitu 0,15-0,25% (Wade, 1994:459-461)
Salah satu cara untuk menghambat pertumbuhan mikroba adalah dengan menambahkan zat pengawet ke dalam makanan tersebut. Pengawet merupakan zat yang ditambahkan ke dalam bahan pangan dengan tujuan meningkatkan umur simpan. Kemampuan suatu zat pengawet dalam menghambat pertumbuhan mikroba dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu konsentrasi zat pengawet, jenis, jumlah, umur dan keadaan mikroba, suhu, waktu, dan sifat-sifat kimia serta fisik dari makanan termasuk kadar air, pH, jenis dan komponen yang ada di dalamnya (Fardiaz, 1982).
Menurut Winarno (1986), asam benzoat merupakan bahan pengawet yang sering digunakan pada bahan makanan yang bersifat asam, karena kelarutannya lebih besar maka biasa digunakan dalam bentuk garam.
Tranggono (1989) menyatakan benzoat berfungsi untuk memperpanjang umur simpan suatau makanan dengan cara menghambat pertumbuhan mikroba oleh karena itu benzoat sering juga disebut sebagai senyawa anti mikroba.
Natrium benzoat merupakan garam natrium dari asam benzoat yang sering digunakan pada bahan makanan. Natrium benzoat memiliki karakteristik stabil, tanpa bau, berbentuk kristal putih, larut air dan etanol (Kabara dan Eklund, 1991). Di dalam bahan pangan, natrium benzoat akan terurai menjadi bentuk aktifnya yaitu asam benzoat (DeMan, 1997).
Pengawet yang digunakan adalah asam benzoat atau sodium benzoat. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan kapang, khamir dan bakteri. Efektivitas fungsi senyawa benzoat dapat bertambah jika produk yang dibuat mengandung garam dan gula pasir. Penggunaan pengawet ini diperbolehkan digunakan dalam jumlah tertentu. Pada produk makanan senyawa benzoat hanya boleh digunakan dengan kisaran konsentrasi 400-1000 mg/kg bahan (Hambali, Suryani, dan Ihsanur, 2007:21).
Benzoat merupakan unsur alami yang terdapat dalam beberapa tumbuhan dan sering digunakan sebagai anti bakteri atau anti jamur untuk mengawetkan makanan. Penambahan ini menghasilkan dalam penurunan kapasitas buffer diet, dan setelah itu akan meningkatkan keasaman dari urin (Mroz et al., 2000).
Penambahan benzoat dalam minuman ringan dengan konsentrasi tidak lebih dari 0.1% tidak membahayakan tubuh (Splittoesser, 1981). Tubuh manusia mampu melakukan proses detoksifikasi terhadap asam benzoat. Melalui reaksi antara asam benzoat dengan asam amino glisin, maka akan terbentuk asam hipurat. Asam hipurat akan dibuang oleh tubuh misalnya melalui urin (Winarno, 1997).
Na-benzoat efektif digunakan pada pH 2.5 sampai 4. Daya awetnya akan menurun dengan meningkatnya pH, karena keefektifan dan mekanisme anti mikroba berada dalam bentuk molekul yang tidak terdisosiasi (Winarno dkk., 1980).
Mekanisme kerja asam benzoat atau garamnya berdasarkan pada permeabilitas membran sel mikroba terhadap molekul-molekul asam yang tidak terdisosiasi. Isi sel mikroba mempunyai pH yang selalu netral. Bila pH sitoplasma mikroba menjadi asam atau basa, maka akan terjadi gangguan pada organ-organ sel sehingga metabolisme terhambat dan akhirnya sel mati. Membran sel mikroba hanya permeabel terhadap molekul asam yang tidak terdisosiasi, maka untuk mendapatkan efektivitas yang tinggi sebaiknya asam-asam tersebut digunakan dalam lingkungan asam. Hal ini juga disebabkan pada pH netral dan basa, asam-asam organik terurai menjadi ion-ionnya (Winarno dan Sri Laksmi, 1974).
Batas atas benzoat yang diijinkan dalam makanan 0,1% di Amerika Serikat, sedangkan untuk negara-negara lain berkisar antara 0,15-0,25%. Untuk negara-negara Eropa batas benzoat berkisar antara 0,015-0,5% (Ibekwe dkk., 2007).
Sodium benzoat diproduksi dengan menetralisasi dari asam benzoat dengan sodium hidrosida. Dunia mulai memproduksi sodium benzoate tahun 1997 yang diperkirakan sekitar 55000-60000 ton. Produsen sodium benzoat terbesar adalah Netherlands, Estonia, Amerika Serikat, dan Cina. Walaupun tidak disosialisasikan asam benzoat agen yang efektif untuk antimikroba untuk tujuan pengawetan, sodium benzoat lebih disukai dalam penggunaannya karena 200 kali lebih mudah larut dibandingkan asam benzoat. Sekitar 0,1% umumnya cukup untuk pengawetan pada produk yang telah dipersiapkan untuk diawetkan dan disesuaikan ke pH 4,5 atau dibawahnya. Pasar utama dari sodium benzoat adalah dalam pengawetan soft drink, minuman sirup fruktosa jagung yang tinggi, sodium benzoat jarang digunakan sebagai pengawet dalam acar, saus, dan jus buah. Sodium benzoat juga digunakan dalam pembuatan obat dengan tujuan pemeliharaan (batas atas 1,0% dalam larutan obat) dan mengobati cara hidup dalam perlakuan dari pasien dengan peredaran urea enzymopathies (Wibbertmann et al., 2000).
Asam benzoat dan garamnya mempunyai aktivitas antimikroorganisme tergantung pada pH dan substrat, karena pH substrat sangat menentukan jumlah asam yang terdisosiasi. Pada pH 2,19 asam yang tidak terdisosiasi adalah  99%, pada pH 4,2 asam yang tidak terdisosiasi adalah 50%. Natrium benzoat sebagai antimikroorganisme berperan dalam mengganggu permeabilitas membran sel. Asam benzoat mempunyai pH optimal untuk menghambat mikroorganisme yaitu pH 2,5-4,0. Asam benzoat dan natrium benzoat digunakan untuk menghambat pertumbuhan khamir dan bakteri tetapi kurang efektif untuk kapang (Afrianti, 2010:57).

24 comments:

Unknown said...

boleh minta referensi buku atau jurnal lengkap yang dipakai sebagai sumber pembuatan artikel ini ngga??
butuh buat tambahan referensi tugas akhir :((

Unknown said...

Diataskan udah ada nama & tahun referensinya. coba cocokin dengan literatur referensi DIBAWAH ini (komentar pake FB, soalnya nulis dapus literaturnya gk bs disini karna terlalu panjang. coba cek dibawah.
Smga sukses tugas akhirnya :D
klo gk keliatan jg, coba aja hubungi lewat kontak. disamping home blog

Anonymous said...

kalo aku pengen nanya kalium benzoat itu sama dengan natrium benzoat atau tidak? aku butuh prosedur analisa kalium benzoat buat laporan analisa proksimat ,

Anonymous said...

Cara pakai untuk pengawetan sari kedelai,pernah tak coba,tapi cuma bertahan 2 hari,menggumpal

Unknown said...

saya lagi produksi susu kedelai .. niiat saya mau buat di cup seperti minuman gelas.. saya sudah coba pakai benzoat tapi kurang efektif... bagaimana kalo pakai kalium sorbat?

Unknown said...

Maaf mas mau tanya pada saat memasukkan natrium benzoat itu pada suhu brp ya yg paling efektif shg minuman sari apel sy yg sy kemas cup 120 ml tdk melembung. Trmksh

Anonymous said...

Saya pernah buat selai menggunakan bahan baku tepung terigu, gula dan menambahkan natrium benzoat, alhasil mengecewakan baru 5 hari sudah basi,
Padahal sudah saya simpan ditempat tertutup/kedap udara.

Unknown said...

Hi ... saya sdg produksi sambal kemasan dgn menggunakan botol pet , saya bisa beli dmn ya sodium benzoat?
Untuk takarannya kl buat sambal ikan 1g per adonan 1kg?

Unknown said...

oo iya sis udah pernah coba tanpa pengawet sambalnya tahan brp hari?

Unknown said...

sabuinroni@gmail.com haiii...aku sedang membuat saus tomat..brapa ya takaran natrium bonzoatnya untuk 1 liter saus??????



Unknown said...

Hallo,saya lagi mau coba buat jus buah dengan natrium benzoat. Kira2 Takara nya yg pas berapa ya ? Thanks

dika said...

ternyata buat makanan gak boleh lebih dari 0.1%
di yutub liat orang bikin saos merah buat bakso , nabur nya bersendok2 buat setengah panci duang.
WTF

Al_Bawafi Grup said...

Klu untuk es krim bisa y

Unknown said...

Bagus asam benzoat atau natrium benzoat

Unknown said...

Mau coba juga

Unknown said...

Kalau buwat minuman brapa
Sendok benzoat nya ya perliter
Air

Unknown said...

Saya produsen minuman temulawak,kencur,Puyang, asam dan kunyit untuk mengawetkan perbandingan berapa BENZOAT PER LITERNYA.

Unknown said...

Saya produksi jus buah, cara penggunaan benzoat gimana ya ?

Unknown said...

Kalau untuk sari tebu murni bisa ga? Terimakasih

Unknown said...

Kalau untuk sari tebu murni bisa ga? Terimakasih

Unknown said...

Kalau untuk sari tebu murni bisa ga? Terimakasih

Unknown said...

Saya lagi proses pembuatan milk jely drink..brp ya takaran untuk perliternya..so kemaren coba tapi hya bertahan 2 hari sdh basi.makasih

Anonymous said...

0,1% berarti 1gr per liter

Dapur MamaMontoq said...

kebanyakan pakainya untuk minuman ya ?
adakah yg punya pengalaman dgn makanan ?
saya pernah coba utk abon, tanpa pengawet cuma bertahan 5hari sdh jamuran.
dikasih natriumbezoat 0.2%, cuma tahan seminggu.
koq hampir nggak ada bedanya ya ?
jadi harus pakai berapa banyak supaya bisa tahan 2-3 minggu ?